macam-macam Search engine kata yang hebat selain google

Kebanyakan orang saat ini pasti mengira bahwa mesin pencari yang paling canggih dan hebat dalam memilah laman web pasti google!. Hal tersebut tidaklah mengherankan karena saat ini search engine terpopuler adalah milik google. Namun jika anda selalu mengikuti perkembangan berita seputar teknologi pasti anda sudah tahu bahwa mesin pencari yang di klaim paling canggih adalah memex search engine dan OnionLink.

 

 

Memex

 

ya!, Memek merupakan mesin pencari yang dikembangka oleh Advanced research Project Agency (DARPA) yang diketuai oleh Christopher White yang bermarkas di pentagon. 


Kata “memex” diambil dari kepanjangan kata “memory” dan “index”. Memex diklaim dapat mencari apa pun di dunia maya yang tidak bisa di cari oleh mesin pencari google, Namun sang pembuat mesin pencari memori index ini hanya berfokus pada berbagai macam bentuk tindakan kejahatan, terutama tindakan prostitusi online dan perdagangan manusia. 


Baca juga : “mesin pencari halal”


Walaupun di klaim sangat canggih, mesin pencari ini memiliki sistem yang cukup rumit. Penjelasan sederhananya kerja dari sistem memex yaitu mengisi basis data miliknya lalu menyisir atau mensortir semua informasi yang ada di dunia maya.

 

 Cara Kerja Memex

 

Memex dapat mennjelajah jaringan Dark Web. jaringan dark Web adalah jaringan situs legal yang selama ini belum di sentuh atau belum terjangkau oleh mesin pencari biasa. Umumnya situs Dark Web mempunyai kegiatan digital rahasia dan ilegal  dan berada di dalam Deep Web (tekno liputan6).


Untuk memperjelas kerja dari sistem memex ini, mari kita analogikan pada kasus prostitusi online. Dimana sistem memex akan menyortir semua informasi yang ada di internet yang berkaitan dengan kasus prostitusi tersebut. Salah satu targetnya adalah dari iklan prostitusi yang di posting secara online.


Berdasarkan informasi dari iklan tersebut maka sistem dari search engine memex ini akan mengambil semua informasi dari iklan tersebut seperti nomor telepon, gambar, serta lokasi metadata-nya. Dengan data yang di himpun tersebut maka pihak berwenang bisa langsung memetakan lokasi kejahatan dan segera menyusun rencana untuk melakukan tindakan selanjutnya (kompas tekno). 


memex pun akan menyajikan informasi ke dalam bentuk informasi geografis yang canggih, yang mana informasi tersebut sulit dilakukan oleh google, bing, dan yahoo. hal ini karena ketiga searc engine tersebut melakukan pencarian berdasarkan iklan dan ditampilkan secara linear hasil dari algoritma. 


Saat ini memex sudah tersedia untuk publik dan diberikan secara gratis, jika anda ingin mencobanya silahkan masuk ke link berikut:

 

OnionLink 

 

OnionLink adalah mesin pencari buatan hacker dan programer bernama Virgil Griffith. Layaknya memex, OnionLink juga mampu menjangkau situs-situs yang tidak bisa di cari oleh google yaitu situs bawah tanah. Situs bawah tanah adalah sebutan bagi situs yang hanya dapat di akses oleh kalangan tertentu untuk kegiatan mata-mata. Berikut tampilan muka OnionLink.

 

tampilan muka OnionLink 


Penggunaan OnionLink jauh lebih mudah di bandingkan dengan Memex. Tidak berbayar, dan bisa di gunakan oleh siapa pun tanpa menggunakan aplikasi khusus. Pengguna dapat mengunakkan menggunakan aplikasi browser biasa seperti Chrome, Internet explorer, atau firefox. Klik disini untuk mencobanya.

 

Demikian pos saya kali ini mengenai " macam-macam search engine kata yang hebat selain google" Semoga pos kali ini menjadi inspirasi dalam menggunakan search engine selain google. 


Jika dirasa bermanfaat mohon di share maupun comen pos ini, terimakasih sudah mengunjungi blog bisnisblogtop, wassalam.

Taruh disini
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top